Pengertian
Berdasarkan UU
No 5 Tahun 1999 :
Ø Monopoli : merupakan suatu bentuk penguasaan atas produksi dan atau
pemasaran barang dan atau penggunaaan jasa tertentu oleh satu pelaku atau satu kelompok
pelaku usaha.
Ø Praktek Monopoli : suatu usaha pemusatan kekuatan ekonomi oleh satu
atau lebiha pelaku usaha yang mengakibatkan dikuasainya produksi dan atau
pemasaran atas barang dan jasa tertentu sehingga menimbulkan persaingan usaha
tidak sehat dan dapat merugikan kepentingan umum.
Ø Pelaku Usaha : setiap orang perorangan atau badan usaha, baik
berbentuk badan hukum atau bukan badan hukum yang didirikan dan berkedudukan
atau melakukan kegiatan dalam hukum Negara Republik Indonesia, baik sendiri
maupun bersama-sama melalui perjanjian, menyelenggarakan berbagai kegiatan
usaha dalam bidang ekonomi.
Ø Persaingan tidak sehat : persaingan antar pelaku usaha dalam
menjalankan kegiatan produksi dan atau pemasaran barang dan jasa yang dilakukan
dengan cara tidak jujur atau melawan hukum atau menghambat persaingan usaha.
Asas dan Tujuan
Tujuan UU No. 5
Tahun 1999 :
- Menjaga kepentingan umum dan meningkatkan efisiensi ekonomi nasional sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.
- Mewujudkan iklim usaha yang kondusif melalui pengaturan persaingan usaha yang sehat sehingga menjamin adanay kepastian kesempatan berusaha yang sama bagi pelaku usaha besar, menengah dan kecil.
- Mencegah praktek monopoli dan atau persaingan usaha tidak sehat yang ditimbulkan oleh pelaku usaha.
- Terciptanya efektivitas san efisiensi dalam kegiatan usaha.
Kegiatan yang Dilarang
1. Monopoli, beberapa kriteria monopoli :
- Pelaku usaha dilarang melakukan penguasaan atas produksi, pemasaran barang dan jasa yang dapat mengakibatkan terjadinya praktek monopoli dan atau persaingan usaha tidak sehat.
- Pelaku usaha patut diduga atau dianggap melakukan penguasaan atas produksi, pemasaran barang dan jasa apabila :
1. barang dan jasa yang
bersangkutan belum ada substitusinya.
2. mengakibatkan pelaku usaha
laini tidak dapat masuk dalam persaingan dan jasa yang sama.
3. satu pelaku usaha atau
satu kelompok pelaku usaha menguasai lebih dari 50% pangsa pasar,
jenis barang dan jasa
tertentu.
2. Monopsoni, berdasarkan pasal 18 UU No 5 Tahun
1999, dilarang praktek monopsoni sbb :
- Pelaku usaha dilarang melakukan menguasai penerimaan pasokan, menjadi pembeli tunggal atas barang dan jasa dalam pasar bersangkutan yang dapat mengakibatkan terjadinya praktek monopoli atau persaingan usaha tidak sehat.
- Pelaku usaha pataut diduga dianggap menguasai penerimaan pasokan, menjadi pembeli tunggal sebagaimana dimaksud apabila satu pelaku usaha atau satu kelompok pelaku usaha menguasai lebih dari 50% pangsa pasar satu jenis barang atau jasa tertentu.
3. Penguasaan Pasar.
Pelaku usaha dilarang melakukan
penguasaan pasar baik secara sendiri-sendiri maupun
bersama-sama dengan pelaku usaha lainnya
yang mengakibatkan praktek monopoli atau persaingan
usaha tidak sehat berupa :
- menolah dan/atau menghalangi pelaku usaha tertentu untuk melakukan kegiatan usaha yang sama pada pasar bersangkutan.
- menghalangi konsumen atau pelanggan pelaku usaha pesaing untuk tidak melakukan kegiatan usaha yang sama pada pasar yang bersangkutan.
- melakukan praktek diskriminasi terhadap pelaku usaha tertentu.
4. Persekongkolan.
Ada beberapa bentuk persekongkolan yang
dilarang oleh UU No 5 Tahun 1999 dalam pasal 22
sampai dengan pasal 24, yaitu :
- dilarang melakukan persekongkolan dengan pihak lain untuk mengatur dan atau menentukan pemenang tender sehingga mengakibatkan terjadinya persaingan usaha tidak sehat.
- dilarang bersekongkol dengan pihak lain untuk mendapat informasi kegiatan usaha pesaingnya yang diklasifikasikan rahasia perusahaan.
- dilarang bersekongkol dengan pihak lain untuk menghambat produksi, pemasaran barang dan jasa pelaku usaha pesaingnya dengan maksud agar barang dan/atau jasa yang ditawarkan atau di pasok menjadi berkurang, baik dari jumlah, kualitas maupun kecepatan waktu yang dipersyaratkan.
5. Posisi Dominan.
Dalam
Pasal 1 angka 4 UU No 5 Tahun 1999 menyebutkan posisi dominant merupakan suatu
keadaan dimana pelaku usaha tidak mempunyai pesaing yang berarti, dalam kaitan
dengan pangsa yang dikuasai sebagai pelaku usaha mempunyai posisi tertinggi
diantara pesaingnya di pasar
0 komentar:
Posting Komentar