Minggu, 21 Juni 2015

Peranan Industri Besar Dalam Makro Ekonomi Indonesia

 
Dapat dikatakan bahwa sektor Industri sebagai sektor yang paling kuat didalam mendapat profit yang besar dibanding dengan sektor-sektor lain. Indonesia memiliki beberapa sektor industri yang dikembangkan di dalam negeri seperti tekstil dsb.. tetapi pada dewasa ini indonesia pun masih kalah saing dengan negara maju lain yang dikatakan Perindustrian Negaranya berkembang dgn sangat cepat. sebagai negara yang sedang merangkak untuk maju, Indonesia berharap betul Industri dapat membantu Perekonmian secara makro atau menyeluruh, dan berikut peranan Industri Besar didalam pertumbuahan Perekonomian secara Makro ?



1. Perananya untuk mengurangi pengangguran

Pengangguran menjadi masalah bangsa sejak dulu kala, hal ini dikarnakan kurangnya kualitas sumber daya manusia kita dan pertumbuhan manusia yang cukup cepat. ketidaksesuaian hal ini membuat pemerintah memutar otak untuk mengambil kebijakan-kebijakan dalam menyelesaikan hal ini. Perannya industri didalam mengatasi pengengguran dapat dibilang benar. karna sumber daya manusia kita dapat dipakai secara kulitasnya di dunia perindustrian.

2.Meningkatkan nilai ekspor

Hampir semua Negara di dunia ini tidak ada yang menganut sistem ekonomi tertutup. Semua Negara saling ber-interaksi dengan yang lain dalam hal  ekonomi.Keterbukaan makro misalnya,GDP dapat meningkat apabila produsen suatu Negara memproduksi barang atau jasa dan menjualnya ke pasar domestic maupun luar negeri untuk meningkatkan kegiatan
perekonomiannya dan menambah nilai output barang.Ditambah lagi setiap Negara memiliki iklim dan letak geografi yang berbeda-beda,hal ini mengakibatkan tidak semua faktor produksi dapat dimiliki.inilah yang megakibatkan perlu adanya kegiatan ekspor, impor.

3.Meningkatkan Pendapatan Nasional
Setiap adanya suatu keluaran atau output yang dihasilkan oleh suatu industri besar akan menjadi unsur didalam perhitungan Pendapatan Nasional dengan metode produksi.Selain itu hasil produksi suatu industri besar juga akan meningkatkan daya beli masyarakat. Karena bila jumlah barang yang beredar di masyarakat cukup banyak, hal itu akan mempengaruhi harga jual barang tersebut menjadi lebih rendah. Hal ini mengakibatkan daya beli masyarakat juga bertambah.

dari semua peranan-peranan industri yang sudah dijelaskan tadi diharapkan dapat membangun perekonomian baik suatu daerah maupun secara keseluruhan dan juga agar indonesia dapat bersaing dengan negara-negara maju lainnya.


0 komentar:

Posting Komentar