Senin, 06 April 2015

Kebijakan Pemerintah untuk menghadapi Masalah Ekonomi Makro


http://www.sodertalje.se/mainupload/bilder/Kommun%20o%20demokrati/Ekonomi/ekonomi.jpg

Selamat malam sahabat blogger, mari kita berbagi beberapa pengetahuan mengenai ilmu ekonomi, kali ini saya akan menjelaskan mengenai Kebijakan-kebijakan pemerinta dalam menghadapi masalah ekonomi makro. berikut adalah beberapa kebijakan yang dapat dilakukan oleh pemerintah guna mengatasi berbagai permasalahan ekonomi dibidang makro :
1. Kebijakan Fiskal
yaitu suatu kebijakan yang ditempuh pemerintah di dalam perpajakan dan juga pengeluaran-pengeluaran negara atau yang biasa disebut anggaran negara yang bertujuan untuk memengaruhi pengeluaran agregat. Contohnya seperti pengenaan pajak penghasilan dan pengenaan cukai rokok.


2. Kebijakan Moneter
 kebijakan moneter merupakan kebijakan yang biasa ditempuh oleh pemerintah ataupun bank sentral dalam penawaran uang dan juga suku bunga guna mempengaruhi suatu pengeluaran agregat. Contohnya seperti pemerintah menerapkan jumlah uang di masyarakat dan peningkatan suku bunga bank.

3. Kebijakan segi penawaran
Kebijakan segi penawaran adalah suatu kebijakan pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi perusahaan, sehingga barang dan jasa yang ditawarkan lebih banyak dan lebih murah. Contohnya pemerintah memberikan bantuan subsidi kepada pengusaha kecil menengah.
4.       Kebijakan Energi 
Kebijakan energi adalah kebijakan dalam menggunakan energi seefisien dan seoptimal mungkin yang didalamnya terdapat usaha penghematan energi. Misalnya kebijakan konfersi minyak tanah ke gas LPG guna penghematan penggunaan bahan bakar minyak oleh masyarakat.
5.       Kebijakan Penetapan Harga 
Kebijakan penetapan harga adalah kebijakan dalam menentukan harga-harga pada tingkat tertentu pada komoditas yang menguasai hajat hidup orang banyak. Contohnya penetapan tarif dasar listrik oleh pemerintah.

6.       Kebijakan Neraca Pembayaran 
Merupakan kebijakan yang digunakan untuk memantau keadaan neraca pembayaran guna memengaruhi nilai tukar. Contohnya larangan impor atau kuota produk tertentu dilakukan guna melindungi para pengusaha lokal dari serbuan produk asing.

 Cara Pemerintah dalam Mengatasi Masalah ekonomi di Indonesia saat ini yaitu dengan cara menggunakan kebijakan dalam ekonomi makro dan mikro yang sering dilakukan pemerintah seperti kebijakan moneter dan fiskal kalau kebijakan moneter biasanya kalau dilihat dari kehidupan sehari-hari seperti pengendalian jumlah uang yang beredar dan pengaturan tingkat suku bunga dan kredit sedangkan untuk kebijakan fiskal biasanya dilakukan apabila suatu negara sedang menghadapi masalah pengangguran yang tinggi dan apabila perekonomian suatu negara sedang menghadapi inflansi. 

seperti kita lihat saai ini indonesia sedang diberitakan tentang masalah kenaikan harga BBM itu dilakukan pemeritah untuk menaikkan pendapatan negara tapi kita lihat apabila harga BBM dinaikkan akan mengakibatkan masyarakat yang berpendapatan rendah tidak dapat menjangkau harga barang, karena harga barang mengalami kenaikan biarpun hal tersebut tidak efisien tapi tidak ada yang bisa dilakukan pemerintah untuk mencegah menipisnya pendapatan negara dan karena hal itu dapat menyebabkan negara indonesia akan menalami inflasi yang rendah

0 komentar:

Posting Komentar