Kamis, 18 Juni 2015

Dampak Negatif suatu Perdagangan Internasional

Selamat pagi, pada kesempatan kali ini mari kita membahas suatu topik yang cukup penting bagi perekonomian indonesia, karna kali ini kita akan membahas mengenai Peran sektor luar negri kepada Perekonomian Indonesia ini. mengingat pentingnya suatu Negara lain dalam kebutuhan yang dibutuh kan dalam negri membuat negara kita harus mengimport suatu barang dari luar negri, agar kebutuhan yang dibutuhkan masyarakat negara indonesia terpenuhi, tetapi dalam realisasinya hal tersebut juga dapat berdampak buruk karena akan terpengaruh oleh ketergantungan dengan negara lain, dan dampak negatif yang ditimbulkan oleh adanya perdagangan dengan negara lain sbb .

1. Timbulnya ketergantungan dengan negara lain
Jika  suatu negara tidak dapat memproduksi suatu barang ataupun jasa di dalam negri atau produksi yang hasilkan suatu negara tidak mencukupi kebutuhan rakyatnya, maka mau tidak mau negara tersebut harus memasok dari negara lain, dan hal ini dapat merugikan negara kita dan menguntungkan negara lain.

2.Kemungkinan penjajahan ekonomi dari Negara lain
Jika semua barang di Impor dari luar negeri disebabkan produk dalam negeri tidak mencukupi ataupu lemah daya saing dengan produk dari luar negeri, maka pasaran dalam negeri akan dikuasai oleh produk barang-barang impor.

3. Timbulnya eksploitasi sumber daya alam dengan sumber daya manusia.
didalam untuk menghadapi persangan dengan produk luar negeri, pengusaha-pengusaha kita cenderung melakukan ekspliotasii dalam sumber daya alam maupun sumber daya manusia habis-habisan.Eksploitasi sumber daya ini pada akhirnya akan merugikan bangsa kita sendiri, karena pengelolaan sumber daya menjadi kurang efisien.

dari berbagai dampak yang ditimbulkan dari perdagangan internasional ini, memang ada pula dampak positifnya, seperti saling membantu kebutuhan suatu negara, meningkatkan produktivitas usaha, mengurangi pengangguran dsb.. tapi hal ini kembali kita yang menghadapi kebijakan ini, dan hal ini bisa dijadikan pemicu untuk lebih kreativitas dalam menciptakan produk yang unggul dan sebagai mengkonsumsi barang dan jasi, kita harus lebih pintar untuk lebih memilih produk di dalam negeri.

0 komentar:

Posting Komentar