Senin, 22 Juni 2015

Masalah Ketahanan Pangan Nasional

Selamat siang sahabat blogger, Ketahanan pangan nasional akan menjadi tulisan saya kali ini, Ketahanan pangan sendiri berarti adalah ketersediaan pasokan bahan bahan kebutuhan dari suatu negara untuk memberikan kebutuhan fisikal rakyatnya. dan hal ini menjadi suatu yang sangat penting, dimana pemerintah sebagai yang memegang kekuassaan harus dapat memberikan hal tersebut. tetapi pada dewasa ini Indonesia masih terbelenggu didalam Ketahanan Pangan Nasionalnya. belum lagi tingkat pertumbuhan manusianya semakin meningkat yang setiap tahunnya. belum lagi kita bisa lihat belakangan ini fungsi lahan yang seharusnya dijadikan tempat pertanian semakin tersisih. Pemeritah seharusnya lebih sensitif didalam Kondisi ini. bukan hanya di persoalan lahan.. seperti yang diposting di FAO (Food and Agriculture Organisation), Indonesia berada di level serius dalam indeks kelaparan global.




Hal ini dapat diprediksi akan semakin memburuk dengan bertambahnya jumlah penduduk diindonesia. Ketahanan pangan didalam negeri ini juga dikhawatirkan akan menjadi kelangkaan pangan yang disebabkan oleh beberapa hal seperti kerusakan lingkungan, konversi lahan, tingginya harga bahan bakar fosil, pemanasan iklim dan lain-lain.

Bahkan belakangan ini akan adanya Washington Consensus yang dapat menjadi Boomerang bagi Indonesia.karna jika indonesia masih bergantung pada Konsensus Washington maka indonesia selamanya tidak dapat Mandiri di bidang pangan yang mencukupi kebutuhannya. Kensensus Washington juga membuat masyarakat indonesia tidak dapat memaksimalkan Produktivitas pertaniannya, maka dari itu pertanian dalam negeri ini lemah.Akibat dari Konsensus Washington, liberalisasi pasar akan menguasai cara pasar Indonesia. Akibat Konsensus Washington, privatisasi beberapa perusahaan Negara diberlakukan sebagai jalan untuk mengatasi krisis Negara. Hal ini disayangkan memang, bahwasanya indonesia adalah negara yang subur tetapi tidak dapat mencukupi kebutuhan didalam negerinya.

Masalah ketersediaan atau ketahan pangan nasional ini memang cukup penting diperbincangkan di pemerintahan untuk dapat mengambil kebijakan yang dapat memberikan keringanan bagi rakyat. agar dapat masyarakat indonesia mencukupi kebutuhan sendiri ataupun nasional dengan hasil dari tanah negeri sendiri tanpa campur tangan negara lain, dan lebih bagus ekspor pangan keluar negeri.

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel ini mengenai pembahasan Masalah dari ketahanan pangan nasional. mohon maaf bila ada kekurangan dan pesan yang bisa saya sampaikan bahwa Indonesia harus stop impor pangan dan meningkatkan tingkat kehidupan pertanian.

0 komentar:

Posting Komentar