Sabtu, 03 Oktober 2015

TAHAP TAHAP PENDIRIAN KOPERASI DI INDONESIA



Pada pembahasan sebelumnya kita sama sama membahas yang mendalami masalah koperasi di indonesia pada saat ini, menselubingi masalah masalah yang terjadi pada pengkoperasian indonesia yang dapat dibilang kinerjanya belum maksimal, ditambah lagi masih dapat dibilang minimnya jumlah koperasi pada saat ini padahal koperasi di indonesia ini sudah sangat matang umurnya, tetapi kenapa koperasi di indonesia belum maksimal kuantitas dan kualitasnya. Nah hal hal tadi telah kita bahas pada postingan saya sebelumnya. Sekarang kita akan sama sama membahas mengenai tahap tahap dari pendirian koperasi.


Untuk mendirikan koperasi itu harus berlandaskan niat yang tulus ingin membantu dan memperbaiki dari ekonomi masyarakat ekonomi menengah kebawah karna dari berlandaskan niat itu sendiri akan menghasilkan koperasi yang baik dan dapat bermanfaan bagi masyarakat ekonomi menengah kebawah yang sangat memerlukan uluran tangan dari koperasi itu sendiri.

Dan dapat di simpulkan bahwa tahap dari pendirian koperasi adalah kelompok masyarakat yang mempunyai kepentingan ekonomi dan usaha yang sama hal ini merupakan langkah awal dari terbentuknya suatu koperasi itu sendiri. Masyarakat itu sendiri yang akan menyadari bahwa pentingnya sebuah lembaga ekonomi koperasi bagi kepentingan perekonomian masyarakat itu sendiri.

Dan bila kita rinci dari suatu tahapan membentuk koperasi ialah dimulai dengan adanya dua orang atau lebih bisa menghubungi kantor koperasi dengan tingkatannya umumnya kantor koperasi tingkat II (kabupaten) untuk mendapatkan suatu penjelasan mendasar dari tata cara pendirian koperasi yang sesuai dengan aturan. Prakarsa harus mengajukan proposal tentang potensi anggota dan potensi di daerah masyarakat tersebut atas permohonan nomor dua pejabat koperasi akan memberikan penyuluhan mengenai tata cara pendirian koperasi secara baik dan benar. Dan rapat dan penyuluhan koperasi ini di harapkan dapat di hadiri oleh semua calon anggota koperasi dan rapat ini di pimpin oleh pemerkasa uang dan akan di dampingi oleh koperasi yang satu tingkat lebih dari koperasi yang ia dirikan. Sejak rapat anggota tersebut anggota koperasi telah dapat menjalankan aktivitas dari usahanya.

Dan ada lagi Tahap-tahapan dari pendirian koperasi secara detail dan terstruktur sebagai berikut :

11.  Tahap Awal Pendirian Koperas
a.       Adanya sekelompok orang yang memiliki kepentingan ekonomi yang sama dari individu yang satu dengan yang lainnya.
b.      Memiliki suatu dari tujuan yang sama dalam memperoleh kemudahan dari usaha usaha yang dilakukan dan untuk kesejahteran umum khusunya masyarakat ekonomi lemah
c.       Ada calon anggota yang sekurang kurangnya adalah sebanyak 20 orang atau lebih yang berada didalam wilayah kerja yang tidak terlalu jauh antara satu anggota dengan anggota lainnya.
d.      Adanya seorang seseorang yang sudah profesional dibidangnya yang menjadi pelopor dari pendirian koperasi itu sendiri.

22. Tahap Persiapan Pendirian Koperasi
a.       Ada prakarsa/tokoh dan juga pelopor pendirian koperasi dan keinginan yang sangat kuat dari suatu masyarakat calon anggota yang direalisasikan dalam bentuk panitia pembentukan pendiri koperasi
b.      Mempersiapkan konsep konsep anggaran dasar koperasi,contoh konsep anggaran dasar dapat diminta dari departemen koperasi di daerah setempat.
c.       Setelah bahan bahan telah di persiapkan, panita pendirian koperasi akan mengundang dari calon anggota koperasi sekurang kurangnya ialah 20 orang,para penjabat pemerintah setempat dan juga kepala kantor koperasi setempat yang sudah dikordinasikan. Dan dalam rapat tersebut sudah di tentukan tempat,waktu, dan juga susunan rapatnya.

33.  Pelaksanaan Rapat Pendirian Koperasi
Dalam pelaksaanaan rapat pendirian koperasi ini minimal harus membahas agenda sebagai berikut.
a.       Latar belakang pendirian koperasi
b.      Maksud dan tujuan pendiran koperasi
c.       Meminta persetujuan persetujuan untuk mendirikan koperasi dari peserta rapat yang berkepentingan.
d.      Merumuskan dan menjelaskan secara rinci dari anggaran dasar dan anggaran rumah tangga koperasi. Dalam anggaran dasar sedikitnya membuat perihal mengenai, Nama dan tempat kedudukan, maksud dan tujuan bidang usaha, ketentuan mengenai keanggotaan, rapat anggota, pengelolaan, permodalan, jangka waktu berdirinya,pembagian sisa hasil usaha, dan mengenai sanksi-sanksi.
e.       Penetapan orang orang yang menandatangani akta pendirian koperasi
f.       Pemilihan dan pengangkatan pengurus dan pengawas koperasi.

44.     Tahap Pelaporan dan Pengajuan Badan Hukum Koperasi
Setelah kita telah mengadakan rapat dari pendirian koperasi dan telah mendapatkan hasil dari rapat tersebut yang telah disepakati oleh semua pihak, maka pengurus yang terpilih mempunyai kewajiban untuk menindaklanjuti hasil keputusan rapat itu sendiri dengan melakukan langkah-langkah sebagai berikut :
a.       Membuat buku daftar anggota dan juga buku daftar pengurus
b.      Membuat laporan secara tertulis mengenai rapat pendirian koperasi yang telah disepakati kepada pemerintah setempat
c.       Membuat dan mengajukan permohonan pengakuan badan hukum koperasi kepada kantor departemen koperasi setempat, dan biasanya berada di ibu kota kabupaten/kotamadya, surat permohonan tersebut harus sebagai berikut :
·         Akte pendiran koperasi (Rangkap 2)
·         Petikan berita acara rapat pendirian koperasi yang telah diselenggarakan yang memuat jumlah peserta rapat, jumlah anggota dan nama-nama yang diberi kuasa untuk mendatangani akta badan hukum koperasi.
·         Neraca awal koperasi.

Maka diatas adalah serangkaian tahap-tahap pendirian koperasi di indonesia dari tahap awal sampai dengan tahap akhir yang dibuat secara rinci dan detail, dan seperti yang saya katakan tadi untuk mendirikian koperasi harus berdasarkan niat mensejahterakan umum khususnya masyarakat ekonomi menengah kebawah, karna dengan niat itu akan membawa arti sesungguhnya dari koperasi itu sendiri. Sekian dari pembahasan saya mengenai tahapan pendirian koperasi, terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel ini, semoga bermanfaat dan silakan kunjungi artikel selanjutnya..

1 komentar:

  1. Sekedar info bagi anda semua.sdra.teman. Ibu/Bapak Yg lgi
    Butuh Dana Buat Usaha atau Pengen Usahanya Tamba MAJU ?
    solusi tepat disini .
    Koperasi (KSP)NASARI Kami Menyediakan Peminjaman Dana Berbasis Online Diseluruh Wilayah Indonesia. Min Peminjaman Rp.5.000.000., - Rp.250.000.000.,,
    Syarat Yg Harus Disediakan:
    Foto KTP,Foto KK,Foto Buku Rekenin,Isi Formulir Peminjaman Dana.
    Batas Peminjaman 1thn/5thn Berminat Bisa Hubungi Karyawan:

    📲SUGENG HARIYADI
    📲 WA : 0853-9997-7224


    Bisa Lanjut Chat Aja Di Wa Kami Disini Amanah, Real

    BalasHapus