Sabtu, 03 Oktober 2015

ANDAI AKU MENJADI MENTERI KOPERASI ?



 
Andai aku menjadi menteri koperasi ?, dari judulnya dapat sama sama kita rasakan bahwasanya ada rasa kepuasan dalam diri kita terhadap peranan dan manfaat koperasi pada negeri ini dan khusunya dalam diri kita, bahkan mungkin ada rakyat yang beranggapan bahwa koperasi itu tidak ada di negeri kita, hal itu dikarnakan kurangnya sistem management dalam koperasi untuk memberikan peranan peranan penting untuk rakyat yang membutuhkan, jadi kali ini saya akan membuat tulisan apa saja yang seharusnya kita lakukan saat kita memanage koperasi tersebut.


Perlu di ketahui Koperasi adalah suatu bentuk usaha negara dalam memberikan kemudahan yang berkaitan dengan perekonomian rakyat dan menjadi salah satu alat yang dapat menumbuhkan perekonomian suatu daerah tertentu, karena fungsi dan peranan koperasi ini cukup signifikan. Menurut undang-undang No.25 tahun 1992 pasal 4 dijelaskan bahwa koperasi memiliki fungsi dan peranan antara lain yaitu mengambangkan potensi anggota dan masyarakat, berupaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia, memperkokoh perekonomian rakyat, mengembangkan perekonomian nasional, serta mengembangkan kreatifitas dan jiwa berorganisasi bagi pelajar bangsa. Dari UU tersebut dapat disimpulkan bahwa peran koperasi itu sangat penting sebagat salah satu langkah untuk mensejahterakan rakyat. 

Tetapi pada dewasa ini bahwa perekonomian indonesia semakin berganti jaman semakin mengkhawatirkan, banyak masalah masalah ekonomi di indonesia yang belum dapat diatasi secara maksimal dan hal ini dapat menjadi beban bagi masyarakatnya, padahal banyak sekali langkah agar semua masalah tersebut dapat di minimumkan, asalkan semua pihak yang memiliki wewenang dapat bekerja sama dengan baik dan memiliki kepentingan untuk bangsa dalam memajukan perekonomian bangsa.

Salah satunya yang dapat kita sama sama kita perbaiki yaitu Koperasi yang ada di indonesia ini, Koperasi ini memang berlandakaskan untuk Rakyat dan seharusnya menjadi peranan penting untuk memperbaiki ekonomi rakyat dan lebih khususnya negara, tetapi kita sama sama ketahui bahwasanya management koperasi di indonesia belum lah dapat dikatakan baik sepenuhnya, kenapa ?, karna banyak kita ketahui bahwa koperasi di indonesia yang tidak berlandaskan rakyat, mereka hanya ingin dan mementingkan profit atas jasanya. Hal tersebut dilakukan oleh koperasi pemerintah maupun swasta.

Di kalau di tanyakan apa yang salah dengan lembaga ekonomi yang satu ini padahal usia dari koperasi ini sudahlah sangat matang, apakan penataan dan pendaan yang belum dapat di subsidikan secara maksimal atau bahkan orang orang di dalamnya yang salah dalam memanagemant koperasi tersebut.
Mungkin ini ada beberapa ide dan gagasan kami sebagai rakyat untuk perkoperasian yang ada dinegeri ini agar dapat berkontribusi penuh dalam membangun bangsa ini khususnya dibidang ekonomi yang sedikit membantu masyarakat ekonomi menengah bawah..

Hal-hal berikut ialah dapat dikatan ide ataupun gagasan dari saya khusunya penulis artikel ini dan dapat diambil baiknya saja, Jika saya mendapat kekuasaan untuk membangun koperasi yang selama ini terbelenggu, setidaknya masukan untuk itu, saya akan melakukan hal hal berikut ini :

1.   Memberikan subsidi yang memadai kebutuhan koperasi
Hal ini juga dapat memicu koperasi-koperasi indonesia menjadi mengubah haluan atau cara pandang dari manfaat koperasi bagi masyarakat, karna hal tersebut dilakukan agar koperasi tersebut tidak gulur tikar. Hal ini patut disayangkan karena dari pemerintahpun kurang memberikan subsidi dan bantuan kepada koperasi, padahal banyak sekali manfaat koperasi bagi negara dan pemerintahannya, karna hal itu dapat mensejahterakan rakyatnya.

2.      Memberikan kemudahan masyarakat dalam memanfaatkan koperasi
Banyak sekali cara agar rakyat tidak merasa ragu untuk datang kekoperasi untuk mencari solusi dari masalah ekonominya terhadap koperasi, contohnya dengan memberikan sosialisasi ke setiap rumah rumah di dekat kantor koperasi itu berada dan biasanya disebut dengan door to door, setelah itu dapat dijelaskan kepada masyarakat bahwasanya meminjam modal ataupun  transaksi lainnya di koperasi tidak ribet, dengan proses yang di permudah dari sebelum-sebelumnya.

3.      Menambahkan kuantitas koperasi dan kualitas koperasi yang sudah berdiri
Berdasarkan data kementerian Koperasi dan UKM, per 30 juni 2014 jumlah koperasi di indonesia tercatat sebanyak 206.288 . dan sebanyak 144.839 koperasi telah beroprasi aktif, sementara sisanya yakni 61.449 dinyatakan tidak aktif, hal ini dapat disayangkan karna hampir 40% koperasi di indonesia sudah tidak aktif lagi, diharapkan baik dari pemerintah maupun pengusaha swasta untuk membangun koperasi lebih banyak lagi agar hal tersebut banyak memberi dampak positif bagi Negara ini dan juga dapat mengoptimalkan kinerja ataupu menambah dari kualitas dari lembaga ekonomi koperasi yang sudah ada agar dapat lebih memberikan arti bagi masyarakat 

4.      Kemudahan dalam mendirikan Koperasi
Pemerintah sudah membuat suatu gagasan mengenai memberikan kemudahan untuk mendirikan koperasi bagi pelaku usaha kecil menengah tersebut, yakni dengan menggratiskan biaya akta pendirian koperasi. Pembebasan biaya anta pendirian ini akan ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah, hal ini sebagai salah satu motivasi dari pemerintah terhadap para pelaku usaha kecil menengah yang omsetnya lebih dari Rp300 juta pertahun agar bergabung mendirikan koperasi untuk rakyat dengan kerjasamanya Kementerian koperasi dan UKM dengan Ikatan Notaris Indonesia (INI) saya kira dapat membantu para pengusaha untuk tertarik membuka suatu koperasi untuk rakyat, hal tersebut saya sangat setuju, karna pemerintah memberikan kemudahan bagi pengusaha yang ini berbakti terhadap negerinya.

5.      Study Banding antar koperasi di indonesia
Kenapa hal semacam ini harus dilakukan, memang terlihat sepele tapi hal ini ternyata membawa dampak yang baik bagi pekerja-pekerja yang ada di koperasi tersebut, karena kita dapat bertukar pikiran kendala maupun ide dan gagasan yang membantu antara koperasi yang satu dengan yang lainnya, dan pastinya mengoptimalkan koperasi dan juga saling bekerja sama antara koperasi yang satu dengan yang lainnya, banyak sekali koperasi-koperasi di indonesia ini yang gulung tikar, karna mungking meraka tidak cukup baik dalam memanange koperasinya sehingga hal tersebut terpaksa dilakukan, belum lagi para pengusaha ataupun lembaga lainnya yang membuka koperasi tetapi masih terlalu awam dalam membangun koperasinya agar berjalan dengan baik kedepannya, pasti mereka sangat membutuhkan para seniornya yang sudah lama berkecipung di koperasi karba dapat memberikan solusi solusi pasti dan relavan dari setiap permasalahan koperasi yang dibuatnya. Jadi hal ini sangatlah penting bagi para pemilik maupun pekerja di koperasi indonesia.

6.      Menanamkan jiwa bakti bangsa di setiap orang yang di ruang lingkup koperasi
Hal ini juga sangatlah penting bagi orang yang di bawah naungan koperasi untuk menanamkan jiwa yang tulus untuk memajukan perekonomian bangsa, bahwasanya koperasi didirikan bukan hanya untuk mencari laba sebanyak banyaknya atau konvensial seperti lembaga-lembaga lainnya. Karna pada hakikatnya koperasi ini dibentuk karna kesadaran lingkungaan sekitar yang membutuhkan bantuk dalam bentuk moril dari permasalahan ekonomi yang dihadapi masyarakat itu sendiri. Jadi sangatlah perlu bagi orang orang yang berkecipung di koperasi untuk memahami arti koperasi itu sendiri.

Mungkin hanya itu ide ataupun gagasan saya dikalau saya mempunyai wewenang untuk memperbaiki lembaga ekonomi koperasi yang sudah ada, mungkin ada dari opini ataupun gagasan saya yang berlawanan dari ide anda atau bahkan tidak menyukainya, saya maklumi itu karna saya pun hanya memberikan gagasan dari apa yang saya rasakan dengan kondisi yang ada. Terima kasih telah membacanya, sampai ketemu di tulisan selanjutnya

1 komentar:

  1. Sekedar info bagi anda semua.sdra.teman. Ibu/Bapak Yg lgi
    Butuh Dana Buat Usaha atau Pengen Usahanya Tamba MAJU ?
    solusi tepat disini .
    Koperasi (KSP)NASARI Kami Menyediakan Peminjaman Dana Berbasis Online Diseluruh Wilayah Indonesia. Min Peminjaman Rp.5.000.000., - Rp.250.000.000.,,
    Syarat Yg Harus Disediakan:
    Foto KTP,Foto KK,Foto Buku Rekenin,Isi Formulir Peminjaman Dana.
    Batas Peminjaman 1thn/5thn Berminat Bisa Hubungi Karyawan:

    📲SUGENG HARIYADI
    📲 WA : 0853-9997-7224


    Bisa Lanjut Chat Aja Di Wa Kami Disini Amanah, Real

    BalasHapus