Sabtu, 07 Maret 2015

PROBLEMA BISNIS YANG YANG DIHADAPI SAAT INI

Tiga persoalan yang selalu mendapat perhatian dari pemerintah maupun masyarakat karena dapat mempengaruhi setiap konsumen dalam sistem bisnis kita adalah : produktivitas, dan pengangguran.

1.    Inflasi




Pada Masa Pemerintahan Orde Lama. Tingkat Inflasi di Indonesia cukup tinggi yang mencapai beberapa ratus persen.  Mulai tahun 1970 an keadaannya sudah jauh lebih baik karena pemerintah waktu itu dapat menekan tingkat inflasi. Pada tahun 1985 tingkat inflasi di indonesia secara total hanya berkisar 16%. Inflasi adalah suatu kenaikan harga-harga barang dan jasa secara umum dalam perekonomian.

Para ekonom telah lama merasakan bahwa inflasi itu merupakan suatu proses yang membatasi sendiri. Hal ini disebabkan oleh adanya ketidak-seimbangan sementara anatara permintaan dengan penawaran barang dan jasa. Jika permintaan turun atau penawaran meningkat, seharusnya tingkat inflasi lebih rendah.

2.       Produktivitas


Produktivitas adalah keluaran barang dan jasaper unit tenaga kerja. Untuk meningkatkan produktivitas. Orang tidak cukup hanya dengan bekerja keras. Tetapi juga memerlukan peralatan dan metode kerja yang lebih baik. Di samping itu juga diperlukan peningkatan investasi. Riset dan pengembangan. Dan teknik-teknik menejemen yang lebih maju.

3.      Pengangguran


Tingkatan pengangguran ke indonesia tidak dapat ditentukan secara tepat karena sulitnya medapatkan data yang akurat. Bersamaan denagn resesi yang terjadi akhir-akhir ini banyak pekerja yang kehilangan pekerjaan. Pada umumnya pemutusan hubungan kerja ini terjadi karena perusahaan tidak mampu lagi membayar meraka sebagai akibat turunnya penghasilan (dari penjualan) secara drastis. Namun tidak mustahil jika kondisi perekonomian membaik yang berpengaruh juga pada kondisi perusshaan. Maka pemutusan hubungan kerja ini dapat dibatalkan. Dengan kata lain mereka ditarik kembali untuk bekerja.

1 komentar: