Sabtu, 07 November 2015

WAJAH PERKOPERASIAN INDONESIA SAAT INI



Selamat siang, Pada pembahasan terdahulu kita membahas mengenai andai aku menjadi koperasi ?, dan tahap tahap pendirian koperasi. Pada pembahasan itu kita membahas apa saja yang harus koperasi indonesia benahi dari permasalahan-permaslahan yang ada pada sekarang ini, dari artikel tersebut memberikan korelasi dengan artikel ini yang sama sama akan memberikan solusi dari permasalahan di koperasi saat ini, dan hal ini tentu saja akan memberikan dampak yang mengarah wajah perkoperasian kearah yang lebih baik dari sekarang ini.


 pada kali ini saya akan membahas mengenai keadaan keadaan apa saja yang telah terjadi dengan bukti konkrit yang terjadi pada perkoperasian indoensia pada saat ini, hal ini akan menimbulkan sebuah pertanyaan apakah keadaan ekonomi yang terjadi saat ini lebih mengarah pada kearah yang lebih baik, atau sedang dalam merangkak kearah yang lebih baik, ataupun malah perkoprasian indonesia malah sedang dalam keadaan yang buruk, dan apa saja kendalah koperasi dalam membangun koperasi tersebut untuk menyelesaikan segala permaslahan yang ada. Maka dari itu hal-hal ini akan kita bahas dalam artikel kali ini.

Sebenernya, kalau kita lihat dari kenyataan yang ada atau bukti kongkrit yang terjadi saat ini. Bahwa sesungguhnya koperasi di indonesia ini sedang keadaan yang mengkhawatirkan, walau kita sama-sama tahu bahwa sebuah lembaga ini sudah lama berdirinya di negeri ini namun hal itu tidak membuat koperasi menjadi sebuah lembaga yang dewasa, mampu menjawab tantangan dari segala permasalahan yang telah dilaluinya. Maka dapat kita simpulkan bahwa keadaan koperasi saat ini belum mancapai yang diinginkan atau diharapkan oleh orang orang yang ingin melihat koperasi indonesia menjadi salah satu lembaga yang dalam membantu atau meminimalkan keadaan buruk ekonomi saat ini.

Pada dewasa ini kita saling merasakan bahwa suatu koperasi yang ada dikota-kota besar tidak dirasakan sepenuhnya di oleh masyarakat luas, bahkan masyarakat yang awam mungkin tidak tahu ataupun tidak pernah tahu dan memfaatkan koperasi di kota kota besar tersebut. Kalau kita lihat koperasi ini memiliki sifat yang tertutup, misalkan ada sebuah koperasi di instasi besar, kegiatan koperasi ini hanya orang orang yang berperan atau anggota anggota di instasi tersebut tidak untuk kepentingan publik atau umum. Tetapi ada perkecualian bila ada koperasi yang didirikan untuk memproduksi ataupun menjual suatu produk untuk dapat di perjualkan oleh masyarakat luas, oleh karna itu masyarakatpun mendapati kruntungan dari koperasi tersebut walupun hanya mendapatkan harga yang lebih murah dan bunga yang lebih rendah bila dibandingkan dengan tempat tempat pembelajaan yang lainnya.

Sejak berdirinya koperasi yang sudah lama ini, pada saat ini banyaknya koperasi yang non aktif. Hal ini diakibatkan dari kurangnya dorongan atau perhatiaan dari pemerintah didalam membangun koperasi ini kearah yang lebih maju.selain dari kalangan yang memiliki wewenang juga dari kalangan public pun masih minimnya pengetahuan atau kesadaran tentang ilmu koperasi itu sendiri.menurut pendapat saya ada beberapa faktor yang membuat kurang maksimalnya kinerja koperasi saat ini :
1.      Sumber Daya Manusia (SDM)

Kalau dilihat dari bukti konkritnya sekarang ini sebagian besar koperasi koperasi di indonesia ini di pegang atau di manage dengan orang orang yang tidak profesional, kurang kompeten di bidang tersebut, karna jika sebuah lembaga yang dikelola oleh orang yang tidak mencukupi ilmunya pasti bakal tidak berjalan lembaga tersebut, apalagi di jaman sekarang ini banyak sekali persaingan antar badan usaha maupun lembaga yang lebih kearah kepentingan mendapakan keuntungan yang sebesar-besarnya.

2.      Permodalan

Sama sama kita ketahui di indonesia ini koperasi hanya tinggi di kuantitas orangnya bukan modalnya, maksudnya di koperasi hanya kebanyakan permodalan di sektor sdm di banding modal yang material, dengan kurangnya kuantitas modal material ini sangat sulit untuk menjalankan ataupun mengelola badan usaha kearah yang lebih maju

3.      Mental Pengurusnya

Sejak adanya suatu kebijakan dari pemerintah bahwa setiap lembaga yang bernaung di BUMN (Badan Usaha Milik Negara) wajib untuk menyisihkan 5% dari labanya di peruntukan mengembangkan koperasi. Hal ini menjadi koperasi dianggap anak emas oleh negara, bagaimana tidak keuntungan tersebut menjadi sumber permodalan yg cukup besar. Tetapi sayangnya hal tersebut tidak dapat di manfaatkan di jalan yang benar atau untuk kepentingan entitas tetapi malah untuk kepentingan sendiri, maka dari itu hal ini menjadi kurang baiknya Mental dari mungkin beberapa pengurus yg menjadikan koperasi sebagai tamengnya.

4.      Pengawasan

Point ini seharusnya menjadi point penting dari semua point karna kalau kita lihat dari point sebelumnya bahwa koperasi banyak mendapatkan kucuran dana yang banyak. Tetapi yang terjadi sekarang ini banyak sekali koperasi misalkan dalam contoh pemilihan kepala kepengurusan, pasti yang mendapatkan mandat untuk memimpin sebuah koperasi orang orang yang memiliki kekuasaan, bukan orang orang yang memiliki sifat untuk membangun koperasi indonesia dan membantu perekonomian bangsa. Maka dalam pengawasannya dikatakan buruk karna orang orang yang duduk di pengurusan koperasi tidak memiliki rasa sosial yang tinggi.

5.      Pengetahuan para anggotanya

Hal ini juga dapat memicu atau penyebab dari tidak meningkatnya kualitas perkoperasian di indonesia, karna pengalaman, pengetahuan, profesionalisme, dan totalitas dalam mengelola koperasi masih kurang,  maka akan mengakibatkan turunnya kualitas perkoperasian di indonesia ini. Bila para anggota atau pengurus di koperasi ini menyadari dan menjalankan hal hal tadi, dan mencoba untuk lebih mencari cari pengetahuan ataupun pengalaman dari perkoperasian di negara lain yang berhasil dan direalisasikan dalam negara ini, pasti akan membuat koperasi di indonesia lebih baik lagi.

6.      Kesadaran Masyarakat

Kalau dilihat pada saat ini memang menurunnya kinerja ataupun kemampuan koperasi dalam membangun koperasi tersebut. Tetapi melemahnya kinerja koperasi saat ini bukan hanya di pengaruhi oleh para pengurusnya yang belum maksimal dalam mengelola koperasi tersebut, tetapi juga kurangnya kesadaran masyarakat akan memanfaatkan koperasi ini. Contohnya saja pada zaman ini banyak orang berbondong bondong pergi ke pasar pasar swalayan ataupun mall swasta yang menawarkan berbagai barang maupun jasa, padahal kalau saja kita cermati berbelanja di koperasi banyak sekali sisi keuntungannya dibandingan dengan unit belanja lain. Di koperasi konsumsi, harga harga barang lebih murah dibanding harga pasaran, selain itu semakin banyak kita berbelanja di koperasi kita sebagai anggota secara otomatis akan mendapatkan SHUyang juga semakin tinggi.selain itu perkembangan dari koperasi lahir dari kesadaran masyarkat itu sendiri, dan tidak luput dari dukungan pemerintah.


Dari penjelasan yang sudah dijabarkan diatas maka wajah perkoperasian indonesia saat ini sedang dalam keadaan yang tidak baik, walau kopeasi indonesia sudah tua ada di negara kita tetapi hal itu tidak menjadikan koperasi indonesia sebuah lembaga yang baik dalam pengelolaannya yang mampu membuat ekonomi indonesia kearah yang baik, solusi dari ini semua adalah kita harus membicarakan tujuan kedepan dari koperasi ini, membuat koperasi hidup lagi yang memberikan manfaat yang besar terhadap masyarakat luas, maka dari itu orang orang yang memiliki kuasa untuk itu diajak untuk duduk bareng membicarakan koperasi ini untuk lebih baik lagi, serta memajukan pendidikan dan teknologi bagi para penerus bangsa yang akan memberikan dampak yang baik bagi negara ini kedepannya. Artinya indonesia harus mempunya orang orang yang berkompeten, jujur dan memiliki rasa sosialisme dan nasionalisme terhadap koperasi di indonesia ini.

1 komentar:

  1. Sekedar info bagi anda semua.sdra.teman. Ibu/Bapak Yg lgi
    Butuh Dana Buat Usaha atau Pengen Usahanya Tamba MAJU ?
    solusi tepat disini .
    Koperasi (KSP)NASARI Kami Menyediakan Peminjaman Dana Berbasis Online Diseluruh Wilayah Indonesia. Min Peminjaman Rp.5.000.000., - Rp.250.000.000.,,
    Syarat Yg Harus Disediakan:
    Foto KTP,Foto KK,Foto Buku Rekenin,Isi Formulir Peminjaman Dana.
    Batas Peminjaman 1thn/5thn Berminat Bisa Hubungi Karyawan:

    📲SUGENG HARIYADI
    📲 WA : 0853-9997-7224


    Bisa Lanjut Chat Aja Di Wa Kami Disini Amanah, Real

    BalasHapus