Senin, 16 Maret 2015

Pengaruh Letak Greografis Indonesia terhadap Perkenomian

Selamat Pagi Sahabat blogger, Mari kita sempatkan waktu kita berbagi ilmu ini. pada kesempatan kali ini kita akan membahas Letak Greografis Indonesia, dari iklim sampai Sumber Daya Alamnya dan pengaruhnya terhadap mata pencaharian masyarakat indonesia ini, sebelum kita ketahui bagaimana pengaruhnya terhadap mata pencaharian itu, mari kita simak terebih dahulu pengertian dan juga kondisi Greografis, iklim dan sumber daya alam indonesia ini yang saya kutip dari bahan ajaran PEREKONOMIAN INDONESIA di Universitas Gunadarma.

1. Greografi Indoneshttp://www.g-excess.com/wp-content/uploads/2011/01/Wilayah-Relatif-Indonesia.jpgia


   Indonesia memiliki sekitar 17.504 pulau (menurut data tahun 2004; lihat pula: jumlah pulau di Indoneisa), sekitar 6.000 di antaranya tidak berpenghuni tetap, menyebar sekitar katulistiwa, memberikan cuaca tropis. Pulau terdapat penduduknya adalah pulau jawa, dimana lebih dari setengah (65%) populasi Indonesia. Indonesia terdiri dari 5 Pulau besar, yaitu : Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Irian Jaya dan rangkaian pulau-pulau ini disebut pula sebagai kepulauan nusantara atau kepulauan Indonesia.

Peta garis kepulauan Indonesia. Deposit oleh Re publik Indonesia pada daftar titik-titik koordinat geografis berdasarkan pasal 47, ayat 9, dari Konvensi PBB tentang Hukum Laut.

Indonesia memiliki lebih dari 400 gunung berapi dan 130 di antaranya termasuk gunung berapi aktif. Sebagian dari gunung berapi terletak di dasar laut dan tidak terlihat dari permukaan laut. Indonesia merupakan tempat pertemuan 2 rangkaian gunung berapi aktif ( Ring of Fire). Terdapat puluhan patahan aktif diwilayah Indonesia. (bahan ajaran perekonomian indonesia-rowlanpasaribu)

Berdasarkan posisi grografisnya, Indonesia memiliki batas-batas dengan negara lain, bisa kita lihat di arah utara Negara indonesia berbatasan dengan Malaysia, Singapura, Filipina, Laut Cina Selatan. Di sebelah selatan  Negara Australia dan Samudra Hindia. Di Tmur Pasifik dan Di Barat Samudra Hindia. 

2. IKLIM
Indonesia memiliki iklim tropik basah yang dipengaruhi oleh angin monsun barat dan monsun timur. Dari bulan November hingga bulan Mei, Angin bertiup sari arah Utara Barat Laut membawa banyak uap air dan hujan dikawasan indonesia. dari juni hingga Oktober angin bertiup dari Selatan Tenggara kering, membawa sedikit uap air. Suhu udara di daratan rendah Indonesia berkisar antara 23 derajat sampai 28 derajat celcius sepanjang tahun. Indonesia memiliki 2 musim pada satu tahun, yaitu musim hujan dan musim kemarau. pada beberapa tempat di indonesia yang dikenal sebagai musim pancaroba, yaitu musim yang dikenal sebagi perubahan kedua musim tersebut

3. Mata Pencaharian
https://aws-dist.brta.in/2014-03/db08eda4f45c8562cf15acc89178af27.jpg
Di Indonesai Mata Pencahariannya itu beragam dikarenakan letak grografis dan letak ketinggian di suatu tempat berbeda-beda. Ada penduduk yang mata pencahariannya di Bidang Pertanian, Peternakan, perkebunan dan perikanan . Bagin penduduk yang hidup dikota mayoritas mereka bekerja di Kantoran. Kehidupan penduduk dapat dibedakan menjadi dua corak yaitu corak dari kehidupan tradisional (sederhana) dan corak dari kehidupan modern (kompleks). Mata pencaharian sebagian besar penduduk Indonesia 70% ialah mengarah pada sektor bercocok tanam seperti pertanian dan perkebunan tanah. Indonesia yang sangat subur ,mendorong masyarakat Indonesia untuk mengelola dan memanfaatkan kekayaan alam itu untuk bercocok tanam dan menjadikannya sebagai suatu mata pencaharian bagi mereka yang tinggal di dataran tinggi.Selain bercocok tanam, sebagian besar penduduk Indonesia yang tinggal di dataran rendah (daerah pantai) mata pencaharian mereka mengarah ke sektor perikan
Sedangkan, pada mata pencaharian penduduk di perkotaan mengarah kepada sektor pembangunan, perindustrian, transportasi, pariwisata. 
 
jadi jika letak greografis indonesia serta keadaan alam juga iklimnya dapat berpengaruh besar terhadap Perekonomian kita, jika suatu negara berada pada letak grografis yang berada pada negara-negara maju yang memiliki potensi untuk membangun kerja sama pada negara kita, mungkin negara kita dapat lebih baik lagi, dan jika suatu negara memiliki sumber daya alam yang melimpah kita dapat menghasilkan kekayaan negara tanpa mesti harus meminta bantuan kepada negara lain dan dapat juga menumbuhkan perekonomian penduduk negara itu sendiri.




Daftar Pustaka : 1. https://rowlandpasaribu.files.wordpress.com/2013/02/03-peta-perekonomian-indonesia.pdf





0 komentar:

Posting Komentar